Video Pernikahan, Seminar, Wisuda, Dokumenter, Profile Perusahaan / Organisasi, Event Outdoor / Indoor dan Segala Jenis Dokumentasi Audio Visual. Kami Abadikan Yang Terbaik Untuk Anda. ( SEUKEE Production 0812-691-6697 )

PENGETAHUAN TARI "Catatan Kaka Zafana"

Pengetahuan Tari Sebagai Pengantar


Dari sekian banyak kekayaan seni budaya indonesia, tari adalah salah satu bidang seni yang merupakan bahagian dari kehidupan manusia. Tari dan kehidupan manusia bersentuhan akrab.

Hadirnya tari di lingkungan kehidupan manusia bersama dengan tumbuhnya peradaban manusia. Tari merupakan kegiatan kreatif dan konstruktif yang dapat menimbulkan intensitas emosional dan makna. Sebagai expresi seni, tari dapat berkomunikasi dengan penghayatnya melalui media gerak bersama fase-fase ekspressif.

Beberapa batasan telah di kemukakan oleh para ahli tari dengan maksud memberikan kejelasan pengertian terhadap tari, namun semuanya itu senantiasa berkisar pada unsur pokok tari, yaitu gerak dan wirama sebagai materi dasar tari, sehingga sampailah pada pengertian, diantaranya;


1. tari adalah gerak-gerak ritmis, baik sebahagian atau seluruhnya, dari anggota badan yang terdiri dari pola individu atau berkelompok disertai ekspressi atau sesuatu ide tertentu.

2. tari adalah paduan pola-pola di dalam ruang yang di susun atau dijalin menurut aturan pengisian waktu tertentu.

3. tari adalah gerakan spotan yang di pengaruhi oleh emosi yang kuat.

4. tari adalah paduan gerak-gerak indah dan ritmis yang di susun sedemikian rupa sehingga memberi kesenangan kepada pelaku dan penghayatnya.

5. tari adalah gerak-gerak terlatih yang telah di susun dengan seksama untuk menyatakan tata laku dan tata rasa.


Di antara sekian banyak pengertian itu pada hakekatnya satu sama lain hampir sejiwa, yang senantiasa berpangkal tolak dari gerak yang memiliki ritme ruang dan ritme waktu.

Beberapa ahli tari telah mengemukakan pendapatnya mengenai definisi tari, yang kesemuanya selalu berkisar pada materi pokok yang sama, yaitu gerak ritmis yang indah sebagai ekspresi jiwa manusia.

Gerak merupakan unsur pokok dari manusia dan gerak merupakan alat bantu yang paling tua di dalam kehidupan manusia,untuk mengemukakan keinginan atau refleksi spotan di dalam jiwa manusia. Gerak yang tercipta melalui sarana yang alami pada diri atau tubuh manusia sebagai unsur pokok. Merupakan suatu rangkaian atau susunan gerak, maka tari selalu di mamfaatkan di dalam berbagai aspek kehidupan manusia, dengan demikian di lihat dari segi sosial tari dapat bersifat rekreatif dan juga edukatif.

Manusia menari tidak asal menari, tetapi menari dengan suatu tujuan tertentu dan dengan usaha mencapai maksud tertentu. Tari sebagai seni pertunjukan yang melibatkan beberapa unsur dan sarana pendukung, di antaranya ;


1. tema atau cerita yang dibawakan
2. gerak yang selaras dengan ungkapan tema
3. iringan yang serasi
4. kemampuan penata tari pertunjukan itu
5. ketrampilan penari
6. tingkat daya hayat dan daya serap masyarakat pendukungnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung di Blog Sagoe Aceh..
Kami mohon kritik dan saran serta masukan ide kreatif untuk perkembangan Bog ini.
Silahkan kirim artikel, puisi dan tulisan apa saja yang membangun kearifan, untuk dipublikasikan di blog ini. Saleum Budaya..

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner SekolahFOREX.Net
Get Chitika | Premium
 
Copyright 2011© Sagoe Aceh. Design by dezier