Video Pernikahan, Seminar, Wisuda, Dokumenter, Profile Perusahaan / Organisasi, Event Outdoor / Indoor dan Segala Jenis Dokumentasi Audio Visual. Kami Abadikan Yang Terbaik Untuk Anda. ( SEUKEE Production 0812-691-6697 )

ZAPIN KE PENTAS DUNIA

Setiap provinsi yang ada di indonesia mempunyai berbagai macam seni dan budaya, kita ambil contoh seperti tari Lulo atau tari Gepeng yang berasal dari sulawesi, tari jaipong dari jawa, tari piring dari Sumbar, tari saman dari aceh, begitu juga provinsi-provinsi yang lainnya tak terlepas dari berbagai macam seni tarinya, itu semua adalah kekayaan budaya yang akan menjadikan daerah sebagai objek wisatawan yang sangat menarik, namun terkadang ada sebagian orang yang tidak menyadari itu, bahwa ianya merupakan ladang atau asset untuk mengayakan orang-orang, serta melestarikan lingkungan dan menjaga dengan baik itu adalah modal keimanan yang sangat luar biasa, kita tau bahwa bersih dan indah itu adalah sebagian dari iman karena sesungguhnya Allah menyukai yang indah-indah.
Tarian Zapin adalah tari khas Melayu. Para penari menggerakkan tubuh dan anggota badannya dengan iringan alat musik gambus, perkusi, dan marwas kalo betawi biasanya menyebut dengan marawis. nah dalam setiap gerakan, penari Zapin kerap memberikan sembah kepada penonton. 

Meskipun mengandalkan kelincahan kaki, anggota tubuh penari tak boleh diangkat terlalu tinggi. makna gerakan itu sebagai tanda penghormatan terhadap para penimat. Zapin merupakan tarian yang tak sekedar menggerakkan anggota tubuh tetapi dibalik gerakan mengandung makna filosofis.

Pada tarian Zapin terdapat nama gerakannya, diantaranya siku keluang, alif sembah, anak ayam patah kaki. kembang tak jadi, dan pecah delapan." langkahnya yang menghindari gerakan mundur, seperti menyiratkan tentang, bagaimana kehidupan harus terus maju, dan berpakaian yang menarik dengan baju khas melayu serta di iringi dengan lagu yang berbau islami, nasehat, petuah, dan yang mana itu semua berbau pendidikan dan bernuansa sewajarnya, namun mengikuti perkembangan zaman tari zapin juga sudah memakai alat-alat tambahan seperti akordion, biola, bahkan menggunakan orgen. 
Bila menilik sejarahnya, tari Zapin dibawa ulama Timur Tengah ke tanah Melayu melalui India. Tarian itu tumbuh subur di pusat-pusat kerajaan Melayu. Sejak abad ke-19 Zapin telah memasyarakat di daerah terutama derah yang memiliki wilayah pesisir. 

Memang tarian Zapin sekarang tak sama persis dengan Zapin saat awal kedatangan ke tanah Melayu. Penggiat tarian Zapin, Musrial mengatakan, berkat kreativitas para seniman lokal, Zapin telah mengalami polesan-polesan.

Alhamdulillah tari zapin kian menjadi perhatian masyarakat, dan sudah keliling dunia, tari ini harus dijaga baik-baik oleh seluruh lapisan masyarakat, tak heran jika kita melihat di Indonesia banyak suku selain Melayu pandai zapinan, itu menunjukan keterbukaan masyarakt kita untuk tetap maju bersama tanpa mementingkan salah satu pihak, dan alangkah aib jika putra melayu sendiri tak pandai menari zapin. 

Kaka Zafana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung di Blog Sagoe Aceh..
Kami mohon kritik dan saran serta masukan ide kreatif untuk perkembangan Bog ini.
Silahkan kirim artikel, puisi dan tulisan apa saja yang membangun kearifan, untuk dipublikasikan di blog ini. Saleum Budaya..

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner SekolahFOREX.Net
Get Chitika | Premium
 
Copyright 2011© Sagoe Aceh. Design by dezier